Bersama dengan Female Divers, Nivea Sun Kampanye Terumbu Karang Sehat di Indonesia

Memberi dukungan usaha pelestarian biomarine laut Indonesia, Nivea Sun bekerja bersama dengan Komune Female Divers bersihkan sampah di laut serta menanam terumbu karang di Kepulauan Seribu, Jakarta, akhir minggu kemarin. Acara yang bertopik “Lestari Lautku” ini diselenggarakan di Pulau Pramuka.



Mimi Amilia, Ketua Biasa Komune Penyelam Profesional Wanita Indonesia (KP3I) serta perwakilan Komune Female Divers, menjelaskan sekarang tingkat pencemaran laut karena sampah serta kerusakan terumbu karang di Indonesia sampai titik kritis serta memprihatinkan.

“Selain dikarenakan penangkapan ikan yang tidak bertanggungjawab serta pencemaran sampah di laut, pergantian iklim global yang menyebabkan pengasaman serta pemanasan lautan makin jadi memperburuk keadaan terumbu karang. Seputar 82 % daerah terumbu karang di Indonesia terancam rusak,” tutur Mimi dalam rilisnya, tempo hari.

Menurut survey LIPI, sekarang cuma 6,5 % terumbu karang di Indonesia yang keadaannya bisa disebutkan benar-benar bagus, sedang 36 % terumbu karang ada dalam keadaan jelek.

Firda Wanda, Merek Manajer Nivea Bodi, Sun, serta CrÃme menerangkan fakta keterkaitan Nivea Sun dalam acara komune ini. Kemungkinan sedikit yang mengetahui jika pencemaran terumbu karang juga bisa diperparah oleh kandungan zat kimia oxybenzone serta octinoxate, yang seringkali ada dalam produk sunscreen. Dengan kerja sama Nivea Sun bersama dengan komune Female Divers, kami ingin mengedukasi customer untuk pilih produk sunscreen yang tidak memiliki kandungan oxybenzone serta octinoxate.

Berdasar studi di jurnal Archives of Environmental Contamination and Toxicology 2015, oxybenzone serta octinoxate mempunyai beberapa efek negatif buat terumbu karang. Seperti tingkat mortalitas perkembangan karang, pemutihan karang, dan kerusakan genetika pada karang serta organisme lain. Diluar itu, ke-2 zat kimia ini mempunyai potensi mengakibatkan feminisasi ikan jantan serta tingkatkan penyakit reproduktif bermacam type hewan laut, tidak hanya mengubah tingkah laku neurologis bermacam type ikan.

Mengerti besarnya efek ke-2 zat kimia itu buat kelestarian terumbu karang, Nivea Sun memutuskan menjadi satu diantara brand sunscreen yang menampik pemakaian oxybenzone serta octinoxate dalam semua serangkaian produknya. Ini jadikan Nivea Sun jadi satu diantara brand yang ikuti Hawaiian Reef Bill, yang mempunyai tujuan menghapus pemakaian dua zat kimia itu dalam semua produk sunscreen berlaku efisien Januari 2021.

Dengan makin bertambahnya ketertarikan kegiatan diving di kelautan Indonesia baik dari wisatawan internasional atau lokal, Nivea Sun ingin ajak customer untuk ikut aktif memberi dukungan usaha pelestarian laut seperti yang digerakkan komune Female Divers ini, dengan pilih produk sunscreen yang aman buat terumbu karang serta ikut berdisiplin jaga kebersihan laut, pungkas ia.

No comments