Prancis Punyai Museum Kuliner Baru, Pengunjung Bebas Cicip-Cicip

Umumnya alat peraga serta pajangan di museum tidak bisa disentuh. Ada pembatas yang menghambat tangan iseng pengunjung bila ingin menyentuhnya. Tetapi museum kuliner di Prancis ini tawarkan ide yang berlainan. Tidak hanya bisa sentuh, beberapa pengunjung disana serta dianjurkan untuk mencicip makanan yang dimainkan.



Cite Internationale de la Gastronomie atau International City of Gastronomy ialah satu museum makanan yang baru dibuka di Lyon, Prancis. Berdasar laporan DailyMail (6/11/2019), museum ini mempunyai tujuan untuk mengenalkan dunia gastronomi Prancis serta global memakai panca indera.

Cite Internationale de la Gastronomie dibuat di atas tempat seluas 4000 mtr. persegi serta terbagi dalam empat lantai. Ada empat sayap bangunan dengan Dome des Quatre Rangs jadi pusatnya.

Pengunjung akan dibawa untuk pelajari riwayat panjang kuliner dunia melalui info yang diberikan dengan interaktif serta beberapa benda berharga riwayat, terhitung alat masak kuno.

Pameran permanen museum tampilkan resep, menu, photo, serta ruang interaktif. Ada pula beberapa pameran interaktif seperti Atlas Gastromonie. Monitor sentuh serta peta setinggi dinding yang dipunyai museum dapat juga jadi fasilitas buat pengunjung untuk belajar mengenai masakan dari penjuru dunia.

Sebagian besar lantai tiga museum diperuntukkan untuk session mencicip serta demo partisipatif. Ada demonstrasi memasak masakan lokal serta internasional yang dapat dilihat oleh pengunjung. Tiap hari, masakan yang ditunjukkan akan berlainan serta pengunjung benar-benar dianjurkan untuk mencicipinya.

Ada pula ruang Miam Miam yang bermakna nyam-nyam di bahasa Indonesia. Ruang ini diutamakan untuk beberapa anak serta mempunyai tujuan ajak mereka untuk menelusuri dunia makanan dengan imajinatif.

Mereka bisa bermain petak umpet di keranjang belanjaan yang berisi buah serta sayuran fresh, melakukan eksperimen dengan resep lewat piranti teh interaktif, serta terbang di belakang seekor lebah lewat augmented reality untuk memperoleh pandangan yang lebih baik mengenai bumi serta tempat asal makanan.

Cite Internationale de la Gastronomie dibuka tiap Minggu sampai Jumat, mulai jam 7 sampai 10. Di hari Sabtu, museum membuka lebih lama, dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam.

No comments